Minggu, 23 Desember 2012

Kutorejo

Kutorejo

    Kutorejo adalah nama sebuah desa dengan kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan dengan letak geografis daeranhya cukup strategis untuk sistem agraris. Sekitarnya merupakan dataran rendah yang bagian selatannya pebukitan, bagian utaranya juga ada pebukitan, untuk bagian timur dan baratnya membentang luas sampai ke desa berikutnya. Untuk bagian selatan berbatasan dengan desa Pekiringan Alit, bagian utara berbatasan dengan desa Bukur, bagian timur berbatasan dengan desa Watu belah, Kebon Agung, Sangkan Joyo dan untuk bagian baratnya berbatasan dengan desa Jagung dan desa Langan sari.

       Desa ini terbagi menjadi 3(tiga) dukuh, yaitu Dk. Gumanti, Dk. Kramean dan Dk. Pejaten. Dengan masing- masing dukuh mempunyai batas wilayahnya masing-masing. Dk. Kramean merupakan dukuh yang paling luas dan paling banyak populasi penduduknya. Sehingga kantor Kepala Desapun ada di sini, di dukuh krameanlah pusat dari perangkat desa berkumpul yang mana sebagai para pemikir kemajuan desa Kutorejo. 

     Rata - rata penduduk disini bekerja sebagai petani, pengrajin, pedagang, perantauan dll. Agama mayoritasnya ialah Islam dengan masih memegang adat istiadat yang cukup kental. Di sini belum ada sebuah pesantren, ada 3(dua) masjid setiap dukuh 1(satu). Ada 2(dua) mushalla di Dk. Gumanti, 2(dua) mushalla di Dk. Kramean dan di Dk. Pejaten tidak ada mushalla adanya masjid.


1 komentar: